Pantai Sepanjang

sesuai dengan namanya karena memiliki garis pantai terpanjang diantara diantara pantai pantai lainnya di wilayah kabupaten Gunungkidul. Pantai ini segaris dengan pantai Sundak, Kukup, Baron yang menawarkan pemandangan keindahan pantai dengan pasir yang putih terhampar di sepanjang pesisir pantai menambah keindahan pantai ini.

Pantai ini termasuk obyek wisata yang baru di buka oleh pemkab gunungkidul terlihat dari jalan yang menuju ke bibir pantai yang berupa cor block. Akan tetapi kalau anda arahkan pandangan ke sekitar pantai ini akan terlihat pohon-pohon palem rapi berjajar si sepanjang pantai ikut memperindah keanggunan pantai ini.

Ketika air laut sedang surut akan dapat anda lihat karang-karang muncul dibibir pantai yang landai yang menjadi habitat dari aneka kehidupan biota laut. Para pengunjung dapat menemukan kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, bintang laut, anggang laut, bulu babi dan rumput laut yang terdapat dalam cekungan atau lubang pada batu karang tersebut.

Dalam keadaan laut surut itulah biasanya para penduduk setempat menggunakan waktu tersebut untuk berburu mendapatkan rumput laut, kerang-kerangan dan lainnya untuk dikonsumsi sendiri ataupun selanjutnya diolah dan dijual kembali. Beberapa gubuk yang beratapkan daun kering berdiri di beberapa tempat di sekitar pantai menyediakan aneka makanan dan minuman yang menyediakan aneka makanan hasil laut.

Dibeberapa tempat juga terdapat gubug tempat masyarakat setempat tinggal dan bertanam di sekitar tempat tersebut. Anda akan melihat dua bukit yang pada bagian lerengnya dipakai untuk bercocok tanam oleh masyaratkat setempat seperti menanam jagung, kedelai dan lain-lain.

Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini sekarang tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar, sehingga bila tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut.

Ditempat ini kita juga bisa mendapatkan cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Beberapa penduduk yang tinggal di pesisir pantai membuat aneka kerajinan berbahan dasar kerang. Kerajinan tersebut dapat berbentuk kereta kencana, barong, orang-orangan, jepitan.

Bila anda dapat mencari cangkang kerang sendiri di tepi pantai maka anda dapat mengoleksi hasil temuan anda sendiri dan memprosesnya lebih lanjut. Sesampainya dirumah anda dapat memulai memproses cangkang temuan anda tersebut dengan cara merendam dalam alkohol 90% dicampur dengan tembakau atau mint. Setelah direndam sehari semalam, gosoklah cangkang dengan perlahan yang akan menghilangkan lapisan luar yang berupa kapur sehingga hanya tinggal lapisan tengahnya saja. Gosokan selanjutnya akan membuat cangkang tersebut menjasi berkilau.

Lokasi

Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 1 km sebelah timur pantai Kukup dan sebelah barat pantai Drini.

Akses

Jogja – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Per3an masuk kawasan Pantai Baron ke Timur – Pintu masuk pantai Kukup ke Timur – Pantai Sepanjang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s