Pantai Drini

Pantai Drini merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Kukup dan Pantai Krakal.Pantai Drini merupakan pantai yang unik, karena dalam 1 pantai terdapat 2 wajah yang berbeda. Jika di sebelah barat nampak pemandangan yang sedikit kumuh akibat menjadi tempat pelelangan ikan, maka di sisi timur terdapat sebuah pantai yang cantik berhiaskan pasir putih, ombak yang mengalun lembut, serta ikan warna-warni yang berenang di antara terumbu karang.

Di pantai sebelah timur ini terdapat sebuah teluk yang menyerupai laguna besar dan dihiasi rumput laut, karang, serta aneka biota laut. Airnya yang jernih membuat Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang. Anda pun bisa berjalan hingga jauh ke tengah laut sebab perairan ini cukup dangkal dan ombaknya tenang. Wisatawan bisa beristirahat di gazebo-gazebo beratapkan alang-alang sembari menikmati semilir angin dan pemandangan yang indah. Jika haus atau lapar, wisatawan bisa memesan aneka olahan makanan di warung-warung yang tersedia di bibir pantai. Warung tersebut tidak hanya menyediakan fast food, namun juga menyediakan aneka olahan ikan laut. Bahkan Anda juga bisa membeli ikan langsung di nelayan dan langsung di masak di warung.

Pantai Drini ini tidak banyak berbeda dengan pantai- pantai disebelahnya dimana pantai ini masih memiliki pasir yang putih bersih dengan dibatasi oleh bukit-bukit kapur dan karang-karang yang kecil yang terletak menjorok dari bibir pantai.

pantai_drini

pantai drini

Diatas karang tersebut dibangun mercusuar dan bila anda bisa sampai kesana dan naik keatas maka anda kan melihat pemandangan laut dari atas.

Mengenal Pantai Drini

Ada sebuah cerita yang diyakini masyarakat setempat bahwa Bengawan Solo dulunya bermuara di laut selatan, tepatnya di pantai Sadeng dan pantai Drini. Karena terjadi peristiwa alam dan geologi dengan terdesaknya lempeng Australia mengakibatkan aliran sungai dari Bengawan Solo beralih ke arah utara menuju Gresik. Situs atau jejak aliran purba Bengawan Solo ini masih bis dilihat di kawasan Pantai Drini.

Pantai Drini memiliki sebuah pulau karang berdiri tak jauh dari bibir pantai, pulau itulah dikenal dengan nama Pulau Drini.  Konon di pulau ini banyak tumbuh pohon santigi yang oleh penduduk lokal disebut tanaman Drini yang dapat menangkal bisa ular. Itulah sebabnya pantai ini dikenal dengan nama Pantai Drini. Sebuah sungai kecil memisahkan pantai dan Pulau Drini, meski begitu wisatawan tetap bisa naik ke Pulau Drini dengan melintasi tangga beton dan jalan bambu. Tarif yang dikenakan adalah Rp 1.000 per orang. Namun jika tidak ada penjaga wisatawan bisa naik ke Pulau Drini gratis.

Dari pulau ini wisatawan bisa melihat ombak yang bergulung-gulung di lautan lepas dan juga pemandangan Pantai Drini yang dihiasi gazebo beratapkan alang-alang serta deretan perahu nelayan warna-warni.  Sebuah menara menghiasi pulau ini. Jika datang di pagi hari, wisatawan bisa melihat sunrise yang indah dari atas Pulau Drini. Namun ada satu hal yang harus diperhatikan. Tatkala air laut pasang, akses menuju Pulau Drini akan tertutup oleh air laut sehingga wisatawan tidak bisa menyeberang. Karena itu Anda harus jeli memanfaatkan waktu supaya tidak terjebak.

Lokasi

Pantai Drini ini terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses

Pantai ini sebenarnya terletak diantara Pantai Kukup dan Krakal, karena tempatnya tidak berada disisi jalan maka tidak banyak para wisatawan yang berkunjung di pantai ini. Dari Jalan raya, anda harus masuk sekitar 400 meter dan sampailah di Pantai Drini

Pantai Drini dapat dicapai berjarak 3 km dari pantai Kukup. Dari Yogyakarta berjarak sekitar 65 km dapat ditempuh dengan waktu 3 jam. Sedangkan bila dari Wonosari hanya berjarak 21 km.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s