PANTAI KRAKAL

Pantai-KrakalPantai Krakal sudah lama kondang sebagai salah satu pantai di ujung selatan Jogja yang memiliki keindahan luar biasa. Garis pantainya landai dan ditaburi pasir putih dengan hempasan ombak yang jernih. Batu karang menghiasi sebagian besar bibir pantai, menjadi rumah bagi ikan-ikan karang berwarna-warni. Yang paling menarik dipantai ini adalah munculnya beragam ikan hias di waktu tertentu bersamaan dengan munculnya lumut saat musim kemarau datang, ikan ikan akan banyak menampakkan diri saat awal bulan dibandingkan dengan akhir bulan. Ada ikan damselfish kuning dengan warna biru dipunggungnya, ikan kepe (butterflyfish) bergaris biru tua dan muda, ikan Bestum, ikan Pogat, ikan Tiger serta sekelompok jenis ikan berenang diantara bebatuan karang. Selain ikan ada juga bintang laut yang melekat pada karang. Jika membawa jaring tangan, anda bisa berburu ikan disini, tapi hati-hati jangan sampai merusak karang untuk menjaga keindahan ekosistem pantai ini.

Bosan bermain di pinggir pantai? Cobalah berjalan mengarungi lepas pantainya. Sederet batu karang menyembul ke permukaan dan berbaris memanjang seolah membentuk sebuah jalan setapak di lautan. Jangan lupa untuk mengenakan alas kaki mengingat tajamnya batu-batu karang ini. Beberapa nelayan melintas, mencari tempat yang strategis untuk melempar joran pancing. Yang lainnya asyik menyelam di laut dangkal untuk mencari umbal, sejenis hewan laut kecil yang hidup menempel pada batu. Oleh penduduk setempat, umbal ini kemudian diolah menjadi rempeyek yang gurih.

Selain memiliki kecantikan yang eksotik, Krakal ternyata menyembunyikan ombak yang cocok untuk bermain selancar. Surfer harus berjalan menuju ke deretan batu karang di lepas pantai untuk kemudian menyongsong ombak bertipe reef break yang cukup menantang. Dasar lautnya didominasi oleh karang sehingga surfer harus ekstra hati-hati. Dry season antara bulan Maret dan September adalah waktu terbaik untuk menunggu barrel di Krakal.

Meski terletak sekitar 2 jam perjalanan mobil dari Jogja, akses jalan menuju Pantai Krakal terbilang cukup bagus dan rata. Terdapat rumah makan yang menyediakan makanan untuk para wisatawan,Terdapat sarana penginapan yaitu Hotel Herlois yang dapat dipergunakan bila anda memutuskan untuk bermalam di pantai sehingga memudahkan Anda yang ingin menginap sambil menunggu ombak terbaik untuk berselancar. Namun, surfing bukanlah jenis olahraga yang cukup populer di kalangan penduduk setempat. Anda harus membawa papan surfing sendiri karena belum ada tempat persewaan surfboard di sini.Meski terletak sekitar 2 jam perjalanan mobil dari Jogja, akses jalan menuju Pantai Krakal terbilang cukup bagus dan rata. Deretan warung makan dan beberapa hotel juga dapat dengan cukup mudah ditemui di sekitar pantai, sehingga memudahkan Anda yang ingin menginap sambil menunggu ombak terbaik untuk berselancar. Namun, surfing bukanlah jenis olahraga yang cukup populer di kalangan penduduk setempat. Anda harus membawa papan surfing sendiri karena belum ada tempat persewaan surfboard di sini.

  • Surf Spot Detail

Wave Quality Rating: 5
Type of Wave: Reef Break
Direction of Wave: Right and Left
Bottom: Reef
Difficulty: Intermediate, Advance
Crowd Level: Empty
Hazards: Reef, Sea Urchin, Jellyfish
General Description:
Garis Pantai Krakal didominasi oleh karang-karang tajam, sehingga tidak mudah untuk mencapai surf spots-nya. Ombaknya cukup bagus, terutama pada saat dry season (antara bulan Maret dan September) yang memungkinkan terciptanya barrel.

PANTAI KRAKAL

  • Sekilas mengenal pantai Krakal.

Pantai Krakal tercipta menjadi seperti ini melalui proses alam yang panjang. Dahulu pantai ini diyakini berada di dasar laut. Selanjutnya karena proses alam terjadi pengangkatan kerak bumi yang selanjutnya dasar laut tersebut bisa sampai ke permukaan dan akhirnya menjadi daratan. Daratan yang terbentuk dari pengangkatan dasar laut tersebut munculah pantai dengan nama Krakal sebagai pantai yang unik karena banyaknya batu karang bertebaran dipantai yang dulunya dipakai sebagai rumah bagi ikan ikan didasar laut.

Pantai Krakal memiliki dua buah batu karang hitam yang menjulang tinggi yang merupakan pembatas dengan pantai sebelahnya. Kedua batu karang permukaanya sangat subur sehingga banyak ditumbuhi berbagai macam tumbuhan pantai. Diantara kedua karang tersebut anda bisa menikmati keindahan pantai dengan mengunjungi sebuah gazebo yang memang sudah disediakan untuk para wisatawan.

Bila anda dapat berjalan menaiki batu karang sebelah barat yang memang sudah disediakan jalan setapak untuk menaiki gunung karang tersebut. Anda harus berhati hati selama melalui jalan setapak tersebut karena tanaman yanng tumbuh disekitarnya banyak yang mempunyai duri tajam sehingga anda mungkin saja bisa terluka bila kurang berhati-hati. Sesampainya diatas anda akan disuguhkan pemandangan yang elok dari sebuah pantai yang dilihat dari ketinggian.

Tidak ada yang menyangka bila sebelah barat batu karang tersebut ada sebuah pantai kecil dengan suasana yang unik yang tak kalah menariknya dari pantai induknya yaitu Krakal. Pantai kecil ini hanya dibatasi oleh sebuah batu karang. Anda bisa menginjakkan kaki di pantai kecil tersebut dengan menyusuri perbukitan tersebut atau kalau anda menginginkan jalan yang lebih mudah anda bisa turun kembali dan langsung menuju pantai dengan menyusuri pasir puti ke arah barat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s