PANTAI SUNDAK

Lomboknya Jogja adalah pantai di wonosari, kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai dengan pasir putihnya hanya ada di wonosari kab. Gunung kidul. Di gunung kidul banyak sekali pantai berpasir putih. Gunung kidul merupakan salah satu kabubaten yang ada di yogyakarta. Letaknya berada di sebelah tenggara kota yogyakarta. Gunung kidul atau wonosari merupakan salah satu daerah tujuan wisata, bisa dibilang begitu karena di wonosari terdapat banyak tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya ada di gunung kidul. Pegunungan, pantai, goa, arum jeram dan tempat nongkrong ada di wonosari gunung kidul. Salah satu yang membuat yogyakarta terkenal adalah wisata pantainya di wonosari. Banyak sekali pantai yang indah dan belum terjamah di wonosari, dengan kelebihannya yaitu berpasir Putih. Bisa dibilang inilah lomboknya jogja.Salah satunya adalah pantai sundak.

• Mengenal Sejarah

Sundak adalah sebuah pantai yang indah yang terletak di desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Menurut cerita penduduk lokal, nama Sundak diambil dan digunakan setelah lokasi ini dipakai sebagai tempat perkelahian antara anjing dengan landak. Perkelahian ini dimulai ketika anjing yang lapar dan tersesat bertemu dengan landak di pantai ini. Landak ini dikejar hingga masuk goa dan akhirnya dikalahkan anjing. Sang pemilik, yang sedang mencari anjing miliknya melihat anjingnya basah kuyup dengan membawa setengah badan landak yang telah ia kalahkan. Karena penasaran, ia memeriksa kedalam goa dan menemukan setengah bagian tubuh lainnya dan juga sebuah mata air. Setelah perkelahian itu, pemilik anjing ini menyebut pantai ini sebagai Sundak. Sundak adalah kombinasi dua kata Bahasa Jawa yaitu “asu” yang berarti anjing, dan kata “landak.” Selain itu, mata air yang ditemukan di sini telah digunakan sebagai sumber air oleh penduduk lokal. Sekarang pipa air sudah terpasang di sini untuk mengalirkan air ke pemukiman di sekitar pantai ini.Setelah dinamai tanpa sengaja, pantai ini semakin terkenal dan menarik wisatawan. Tidak hanya karena namanya yang unik, tapi juga karena keindahan pantai dengan pasir putih dan suasananya yang tenang. Sekarang, pantai ini bahkan telah dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Oleh karena itu, Pantai Sundak telah dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai ujung tombak pariwisata khususnya di daerah Gunungkidul. Meskipun menjadi pusat pariwisata bagi daerah, pantai ini masih dikelola oleh penduduk setempat, bukannya pemerintah.

• Keistimewaan

Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu tempat paling menarik di Yogyakarta, karena keindahan Pantai Sundak sungguh nyata. Pesisir pantainya ditutupi pasir putih bersih yang dikombinasikan dangan jernihnya air laut. Selain itu, pantai ini dangkal hingga bisa ditelusuri sejauh 30 meter dari pesisir. Di bawah air, ada berbagai karang kecil dan bebatuan sebagai rumah biota kecil laut yang bisa anda lihat di pantai ini.

Ada juga beberapa bukit batuan dan lereng batu kapur di sebelah utara pantai ini dengan ketinggian sekitar 12 meter. Bukit-bukit ini seperti menghiasi pantai dengan menambah keindahan lain di pantai ini. Di salah satu bukit ini, mata air yang disebutkan di atas bisa ditemukan. Di sore hari, para wisatawan bisa menikmati pemandangan sunset yang luar biasa di cakrawala Samudera Hindia sambil menikmati suasana damai di pantai ini.

pantai sundak saat air surut

• RUTE

Informasi peta dan rute mulai dari wilayah kota Klaten, Solo hingga dari Yogyakarta.

Rute dari Klaten : Lewat arah ke Cawas – Semin – Karangmojo – Rongkop – Pantai Siung
Rute dari Kota Solo : Solo ke Sukoharjo menuju Wonogiri ambil arah Wuryantoro kemudian Eromoko kemudian Pracimantoro kemudian Rongkop kemudian Girisubo kemudian Purwodadi yang masuk kecamatan Tepus dan terakhir Pantai Siung
Jalur dari Tengah seperti dari kota Klaten : Dari Semanu ke  Giripanggung ke Sumberwungu ke Klayu ke Gude ke Blekonang kemudian Winangun dan Pantai Siung. Atau bisa juga dari arah Giripanggung menuju Cuelo ke selatan kemudian Winangun dan pantai Siung.
Jalur dari Timur bisa dari Pracimantoro ke arah Kecamatan Rongkop atau Baran ke selatan arah Nglindur ke Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok ke kanan ke pasar Jepitu kemudian lurus terus ke arah pertigaan  Winangun dan belok kiri Pantai Siung.
Alternatifnya bisa dari Timur atau Utara  ke arah Song Banyu atau arah pantai Sadeng ke pertigaan ke kanan arah Pasar Ngrancah (kalau ke kiri ke Pantai Sadeng) ke pertigaan yang ada Tugu di tengah kemudian Belok Kiri arah ke Pasar Jepitu setelah itu lurus terus ke arah pertigaan  Winangun dan belok kiri Pantai Siung.
peta wisata wonosari

Keterangan  rute dari Kota Jogjakarta :
Rute yang bisa ditempuh untuk sampai di kota wonosari adalah melalui titik nol yogyakarta, lurus ke arah timur Jln.KHa.Dahlan -> jln Senopati -> jln. Kusumanegara sampai mentok pertigaan lampu merah, jika sudah sampai lampu merah tinggal pilih ambil kiri atau kanan sama saja, pokoknya sampai di ringroad timur ambil jln. wonosari. Jln wonosari merupakan jln utama, anda tinggal mengikuti saja sampai tiba di kota wonosari. Dari kota wonosari pun perjalanan masih sangat jauh untuk sampai di pantainya, tapi perjalanan yang panjang akan terbayar dengan keindahan pantai wonosari.
Jika kita berangkat dari kota Yogyakarta bagian utara kita bisa melalui jalan menuju Candi Prambanan kemudian ketika sampai di pertigaan lampu merah setelah jembatan di dekat Candi Prambanan kita ambil kanan lurus aja sampai menemukan pertigaan piyungan kemudian kita ambil kiri.Jika kita dari arah Jogja selatan kita bisa lewat jalan wonosari atau arah ke Kids Fun lurus saja ke arah timur nanti menemukan pertigaan piyungan arah timur atau lurus saja kemudian kita menjumpai jalanan yang naik dan berkelok jadi harap hati – hati ketika melewati kawasan ini.Kemudian akan menjumpai pertigaan Gading atau dikenal pertigaan Lapangan AAU Gading. Untuk jalur kota Wonosari, kita harus mengambil arah lurus menuju ke Bunderan Siyon.Kita bisa memilih melewati pusat kota dengan berjalan lurus atau mengambil rute Ring Road di arah kanan. Tujuan kedua rute ini sama-sama menuju pertigaan Mulo ( di pertigaan ini ada papan arah pilihan pantai, seperti foto di bawah ini) dihadapkan lagi pada dua pilihan jalur, yakni Jalur Tepus dan Tanjungsari.
rute kawasan pantai di wonosari

Dari arah Tanjungsari
Dari pertigaan Mulo, kita harus mengambil arah lurus kearah Tanjungsari, dimana kita akan bertemu dengan pertigaan yang terhubung dengan jalur dari arah Trowono (Jalur Selatan). Pada titik ini kita dapat berjalan lurus, langsung menuju kawasan pantai. Dimulai dari Pantai Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, dan paling ujung Indrayanti atau Pulang Syawal.
Dari arah Tepus
Jika dari daerah Tepus, pemandangan perbukitan karst dan pedesaan akan mewarnai perjalanan kita. Kita akan melewati pusat kecamatan Tepus kemudian akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km,kita akan tiba di Pantai Indrayanti.